Mengatur Suhu Pendingin Ruangan yang Tepat Agar Tetap Hemat Listrik

Mengatur Suhu Pendingin Ruangan yang Tepat Agar Tetap Hemat Listrik

Memasang pendingin ruangan (AC) di dalam kamar akan mengubah ruangan menjadi sejuk. Panasnya suhu udara di luar ruangan akan langsung hilang dan tergantikan dengan udara dingin yang berasal dari AC. Suasana sejuk ini membuat kita merasa nyaman dan betah untuk terus berada dalam kamar.

Pemakaian AC sudah menjadi suatu kebutuhan sehari-hari, terlebih bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah tropis. Hampir setiap hari orang-orang menyalakan AC di kamar mereka dan sebagai akibatnya tagihan listrik pun meningkat. Hal ini bisa dicegah apabila kita memasang suhu AC dengan tepat.

Suhu ruangan yang tidak tepat akan membuat tagihan listrik kita melonjak. Tidak hanya itu, suhu ruangan yang terlalu rendah juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan bagi tubuh kita. Oleh karena itu pengaturan suhu ruangan yang tepat sangat penting untuk dilakukan. Berikut ini cara mengatur suhu ruangan kamar yang tepat agar tetap hemat listrik.

  1. Atur suhu ruangan yang terasa nyaman di tubuh

Suhu ruangan kamar rata-rata adalah sekitar 22-250. Suhu ini bisa menjadi panduan kita dalam mengatur suhu AC. Aturlah suhu AC sesuai dengan suhu di luar ruangan. Jika keadaan di luar kamar sedang panas maka Anda bisa menurunkan suhu sekitar 10.

  1. Atur suhu di siang dan malam hari

Suhu di siang hari dan malam hari akan berbeda. Di siang hari udara akan terasa lebih panas, sementara udara di malam hari lebih sejuk dan dingin. Karena itu pengaturan suhunya juga akan berbeda. Sebaiknya suhu AC di malam hari diatur 40 lebih rendah dibanding di siang hari.

  1. Atur suhu AC sesuai kebutuhan

Untuk orang-orang yang memiliki masalah kesehatan seperti gangguan pernapasan maka memerlukan sirkulasi udara yang baik. Karena itu suhu AC bisa diatur sedikit lebih rendah agar udara dalam ruangan lebih sejuk dan tidak menghambat pernapasan mereka.

  1. Matikan AC ketika tidak digunakan

Menghidupkan AC secara terus-menerus bahkan saat kita sedang keluar rumah akan membuat daya listrik terbuang sia-sia. Akibatnya tagihan listrik pun melonjak. Karena itu jangan lupa untuk mematikan AC saat tidak diperlukan lagi.

  1. Jangan terlalu sering keluar-masuk ruangan

Saat AC sedang menyala sebaiknya kita jangan terlalu sering keluar-masuk ruangan. Dengan membuka pintu kamar maka udara sejuk ruangan akan keluar dan membuat suhu ruangan sedikit meningkat. AC pun akan bekerja untuk mengembalikan suhu ruangan. Jika dilakukan berulang kali maka akan menghabiskan listrik.

Selain cara-cara tersebut kita juga bisa menghemat pengeluaran AC dengan cara memasang AC sesuai anggaran yang dimiliki. Setiap perbedaan 10 biasanya akan memerlukan tambahan biaya sebanyak 3-5%. Karena itu aturlah pemakaian AC dengan bijak kalau tidak mau tagihan listrik melonjak.

Faktor lain yang bisa menghemat pengeluaran kita adalah pemilihan AC yang tepat. AC dengan kualitas yang baik akan bekerja lebih optimal dalam mendinginkan ruangan dan menjaga suhu ruangan tetap stabil. Di Wahana Superstore kita bisa mendapatkan berbagai pilihan AC berkualitas bagus sekaligus informasi harga AC Daikin yang terjangkau.

Related posts

Leave a Comment