Belajar Lebih Gampang Dimengerti

Belajar Anak

Banyak siswa gagal memahami materi pelajarannya. Berdasarkan para pakar itu sebab siswa tak dididik dahulu sistem belajarnya. Patut siswa dididik dahulu sistem belajar sehingga dapat mengerti pelajarannya.

Dampak tak tahu sistem belajar yang benar, belajar kadang menjadi bobot buat beberapa besar pelajar. Meski poin baik betul-betul diperlukan supaya siswa lulus ujian atau naik kelas.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Konsentrasi

Melainkan dengan teknik Mind Mapping, belajar dapat jadi betul-betul tepat sasaran dan ideal target. Teknik Mind Mapping atau pemetaan pikiran atau peta pikiran dapat mempermudah pelajar untuk memahami lebih terang pelajarannya.

Teknik Mind Mapping pertama kali dipopuplerkan oleh seorang psikolog bernama Dr. Tony Buzzan pada tahun 1970 dan mulai diketahui di Indonesia semenjak permulaan tahun 1990-an.

Teknik Mind Mapping ini mengandalkan gambar dan relasi satu sama lain dengan menerapkan gambar, kata, angka, akal dan warna menjadi suatu sistem yang unik.

Prinsip Mind Mapping ialah merangkum seluruh pembelajaran dengan sistem belajar yang tak linier (atas ke bawah) melainkan bercabang. Dengan adanya resume karenanya mempermudah orang untuk menghafal dan paham.

Mengawali belajar dengan Mind Mapping, mulanya dengan mempertimbangkan satu materi yang akan dipelajari dengan menggambar ditengah-tengah halaman kosong.

Umpamanya sedang belajar galaksi, tulis kata galaksi di tengah-tengah dari sini mulai dibikin cabang-cabangnya. Cabang pertama contohnya apa itu galaksi, cabang kedua dimana itu galaksi, cabang ketiga apa saja yang termasuk galaksi.

Lalu dari cabang-cabang ini dapat berkembang lagi cabang-cabang lainnya di tiap-tiap cabang. Umpamanya cabang pertama apa itu galaksi bertambah lagi cabangnya menjadi seperti apa wujud galaksi. Itu berikutnya dengan cabang-cabang lainnya.

Dengan adanya peta pemikiran ini siswa jadi lebih gampang mengerti alur ceritanya. Saat ada ujian dengan pertanyaan seperti apa wujud galaksi, ia akan ingat letak cabang itu dimana.

Jadi materi pembelajaran 20 halaman contohnya dapat dirangkum dalam satu halaman Mind Mapping.

Seberapa tepat sasaran belajar dengan Mind Mapping?

Vitri menyuarakan hal ini sebab Mind Mapping menolong seseorang lebih mudah belajar dengan sistem mengorganisir seluruh kabar yang diterimanya menjadi lebih ringkas, serta membikin relasi antara satu kabar dengan kabar lainnya nampak lebih terang.

 

 

 

Artikel Tentang Kemampuan Kognitif Anak Bisa Di Cek : https://www.brainfit.co.id/kemampuan-kognitif/