Menyukai Dengar Musik Gunakan Earphone? Ini Volume Optimal

earphone

Penerapan earphone tak jarang jadi opsi dikala memperdengarkan musik dari hp. Tanpa earphone, alunan ritme yang keluar dari speaker hp dirasa kurang memuaskan.

Tetapi jangan terlena dengan asyiknya memperdengarkan musik dari earphone. Berlebihan memakai earphone juga dapat berdapak pada kerusakan fungsi pendengaran.

“Usahakan untuk volume dikecilkan. Untuk bunyi 80 desibel,” rekomendasi dr Fikry Hamdan Yasin, Sp.THT-KL(K) dari RS Cipto Mangunkusumo, ketika dihubungi.

“Paling tak atur volume bunyi sekitar 50 persen saja,” tambahnya, memperjelas.

Tipe earphone yang dianjurkan ialah yang masih memungkinkan untuk memperdengarkan bunyi dari lingkungan sekitar. Variasi yang menutup lubang alat pendengaran terlalu rapat kurang direkomendasikan sebab meningkatkan risiko kerusakan pada fungsi pendengaran.

Spesialis kesehatan mengatakan bahwa memperdengarkan musik dengan earphone dari hp yang sedang di-charge tak memicu perdarahan di alat pendengaran, atau malah kematian. Namun bukan berarti tak ada akibat sama sekali, khususnya apabila dikerjakan berlebihan.

Tak dapat dilalaikan bahwa memperdengarkan musik memakai earphone memang menyenangkan. Namun jika dikerjakan terus menerus, dapat berakibat buruk bagi alat pendengaran.

“Salah satu akibat memperdengarkan earphone ialah merusak koklea atau rumah siput di komponen dalam alat pendengaran. Umumnya jika berdenging itu,” kata dr Fikry Hamdan Yasin, Sp.THT-KL(K) dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Kencana.