Ternyata Ini Kekurangan dan Kelebihan dari Lampu LED

sewa lighting jakarta

Telah banyak kendaraan beroda empat baru yang dilengkapi dengan lampu utama berteknologi LED (Light-emitting diode). LED diukur mempunyai keunggulan yang tak ada di lampu halogen umum.

Sebagian di antaranya ialah umur gunakan yang panjang, bendung guncangan, waktu respon pesat, hemat tenaga, ramah lingkungan dan menjadikan pencahayaan serta warna cahaya yang bagus. Inovasinya malahan makin merambah dengan banyaknya opsi warna sinar.

LED ialah bagian elektronik solid state, sehingga bendung kepada guncangan dan kapabel mempunyai dimensi amat kecil.

Berarti praktis dari sisi penempatan yang tak perlu ruangan besar. Kelebihan lainnya, sinar lampu LED kapabel jelas optimal lantas dalam waktu kurang dari sedetik.

Baca Juga: sewa lighting jakarta

Tak seperti lampu HID dan xenon yang butuh waktu lebih lama sampai menempuh penerangan optimal. Soal pendaran sinarnya malahan, jauh lebih jelas ketimbang halogen.

Lampu LED untuk penerangan pada biasanya terdiri dari bagian LED chip, LED driver & pengendali temperatur.

Nah, musuh utama bagi lampu LED ialah temperatur panas. Meningkatnya temperatur pada LED berimbas pada penurunan performa.

Lazimnya lampu berfungsi bagus seandainya temperatur kurang dari 70 derajat celcius. Umumnya, temperatur tinggi berasal dari ruang mesin atau dari LED itu sendiri.

Tak cuma memengaruhi performa, umurnya malahan berkurang. Jadi, kwalitas LED ditetapkan pada rancang bangun, material, pelaksanaan produksi dan metode kontrol kwalitas pascaproduksi.

“LED itu lampu tanpa gas & filament, ketika ini sudah menempuh 150 lumens/watt dan lampu figur ini amat sedikit menjadikan panas sejalan gelombang sinar, melainkan temperatur panasnya muncul pada komponen belakang lampu,” terang Lily Hernawan, Direktur CV Sampurna Part Niaga (SPN) selaku distributor Autovision di Indonesia, lewat rilis resminya.

Kapasitas jelas LED berbanding lurus dengan kekuatan dan panas yang dimunculkan. Segala itu tergantung rancang bangun serta material lampu.

Untuk meningkatkan performa, dilaksanakan pengembangan dalam menghasilkan LED berkapasitas besar tanpa menjadikan panas berlebih.

Kecuali itu, juga dimaksimalkan desain dan pengaplikasian material, kecuali cara pembendung panas.

Ragam dan material pengendali temperatur amat memberi pengaruh performa Lampu. Metode pendingin kipas (fan) masih metode paling bagus dalam memegang temperatur.

Kecuali itu, ada juga pendingin dengan air (water cooler) dan udara (air cooler). Tetapi, masing-masing variasi pengendali temperatur mempunyai kelebihan serta kekurangan.

Metode pendingin udara, menjadi teknologi paling simpel. Energi tahannya memang paling lama, namun lagi-lagi tergantung bahan yang digunakan juga.

LED pendingin air paling canggih dan berbiaya mahal. Metode memegang temperatur lewat metode peredaran air, kelemahannya butuh ruang bidang besar.

Meskipun pendingin kipas (fan) paling masuk nalar. Sebab ukurannya kecil dan kapabel menjaga temperatur dengan amat bagus.

Minusnya, bilah kipas gampang dekil seandainya kerap lewat jalan berdebu. Dari ketiga variasi ini, LED pendingin udara masih yang paling awet, namun paling simpel.

 

Baca Juga: sewa lighting murah