Memiliki Potensi Besar Kembangkan UMKM

usaha umkm

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa depan dievaluasi benar-benar berpotensi untuk berkembang menjadi tulang punggung serta penyangga perekonomian negara. Selain ini lah yang menjadi sorotan segala pihak.

Kesuksesan UMKM dalam bidang perekonomian bahkan tak terlepas dari pihak-pihak yang mengerjakan di belakangnya, khususnya kaum perempuan.

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan UKM pada 2015, tercatat bahwa sebanyak 60 persen dari 52 juta pelaku UKM yang ada di semua Indonesia dikerjakan oleh perempuan. Jumlah hal yang demikian bahkan terus meningkat sampai ketika ini.

Executive Director Indonesia Global Compact Network (IGCN) Josephine Satyono menyuarakan, Memberdayakan perempuan dalam usaha harus tak diperhatikan sebagai sebuah keharusan. Tapi bagaimana pelaku usaha bisa menjadikannya sebagai komponen dari taktik yang mensupport usaha dalam aktivitas inti dan rantai pasokan masing-masing.

“Perempuan yang sudah berdaya diyakini bisa memberikan manfaat lebih banyak terhadap bisnis,” ungkap Josephine dikutip Jumat 23 November dari keterangan resminya.

Selain hal yang demikian lah yang mendasari IGCN berprofesi sama dengan Sekolah Tinggi International school di Jakarta selatan dan Womenpreneur Community menggelar program IGCN Business Matchmaking pada pertengahan November lalu.

Program ini dijalankan juga untuk mensupport program pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations) nomor 5, yakni kesetaraan gender, serta sebagai wadah untuk mempromosikan serta mengimplementasikan 10 prinsip UN Global Compact.

Kegiatan pembekalan, para diadakan aktivitas one-on-one meeting antara UMKM perempuan dengan perusahaan besar. Pada tahun ini, tercatat 29 UKM perempuan yang terlibat dalam IGCN Business Matchmaking.

” itu diinginkan bisa membuka kesempatan bagi UMKM perempuan untuk bisa terkait dengan perusahaan besar. Sehingga perusahaan besar bisa melibatkan perempuan dalam rantai pasok perusahaan,” tegasnya.

 

 

Kunjungi Juga : http://www.ichthusschool.com/