Hati-Hati Bayi Tidur di Car Seat Sedot Perhatian

Ada kendaraan beroda empat yang mempunyai fitur keselamatan standar yang terbilang komplit, lainnya adakalanya tak. Ada pula fitur keselamatan yang komplit untuk orang dewasa, tetapi lupa bahwa yang naik kendaraan beroda empat bukan cuma mereka.

Alat transportasi seperti kendaraan beroda empat membikin penggunanya tidak cuma orang dewasa. Buah-buah hati juga akan masuk ke dalam sebagai penumpang. Dalam hal ini, penting untuk melihat fitur atau aksesori keselamatan apa saja yang penting untuk mereka.

Tentu fitur atau aksesori ini bukan cuma pajangan belaka. Sudah banyak kasus yang mencontohkan pada kita alangkah pentingnya fitur dan aksesori ini. Contohnya, ada buah hati yang mengalami cedera parah ketika kecelakaan sebab tak duduk di car seat.

Menyambut Hari Buah Nasional yang jatuh pada 23 Juli, ada pantasnya para orang tua mulai melihat sebagian fitur dan aksesori keselamatan berikut. Bila memungkinkan, tidak ada salahnya pula memasang fitur dan aksesori berikut:

Child safety lock

Buah-buah hati punya rasa penasaran yang tinggi. Mereka dapat mengunyah apa saja, atau umpamanya mengotak-atik apa yang ada di depannya. Di dalam kendaraan beroda empat, mereka juga benar-benar mungkin membuka pintu. Di sinilah peran child safety lock.

Fitur ini pada dasarnya ialah tuas tambahan yang berfungsi menonaktifkan tuas pintu dari dalam. Ketika fitur ini aktif, karenanya pintu cuma dapat dibuka dari luar. Salah satu kendaraan beroda empat keluarga yang dilengkapi fitur ini ialah Suzuki Ertiga.

Jam protection window

Fitur yang satu ini pada dasarnya dihasilkan untuk mengurangi risiko tangan pengemudi terjepit. Tentu ini bermanfaat bagi buah hati-buah hati, apabila komponen tubuh mereka tiba-tiba ada di antara jendela kendaraan beroda empat ketika fitur power window diaktifkan.

 

Car seat

Dari namanya, telah terang aksesori apa ini. Car seat bayi ialah aksesori tambahan untuk daerah duduk buah hati, yang disesuaikan dengan kontur tubuhnya yang tak sebesar orang dewasa. Car seat dapat dipasang optimal apabila ada ISOFIX.

Yang terang seharusnya dipandang ialah, orang tua tidak boleh memasang car seat di komponen depan, tapi di tempat duduk belakang. Sementara posisinya dihasilkan memutar atau menghadap belakang. Ini bermanfaat untuk melindungi buah hati dari cedera sebab gaya gerak kendaraan beroda empat.