Daihatsu Terus Meningkatkan Penjualan Mobil

Tetapi dengan kian banyaknya pemain di segmen LMPV, kecuali Toyota dan Daihatsu, seperti munculnya Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio membikin kompetisi kian ketat.

Apalagi, kata ia, dikala ini juga ada kendaraan beroda empat perkotaan (City Car). Daihatsu turut berkompetisi di segmen hal yang demikian melewati Ayla yang sasaran penjualannya antara 4.000-5.000 unit/bulan. “Kendati ada city car, pasar LMPV masih besar sekitar 29-30 persen dari sempurna pasar kendaraan beroda empat secara nasional. Secara volume, penjualan LMPV akan bertambah,” kata Amelia.

Tetapi dia mengatakan pihaknya lebih realistris mengamati pasar LMPV dikala ini, dengan sasaran cuma 4.000 unit/bulan. “Permintaan Xenia masih banyak sebab tenaganya berlokasi pada bobot yang besar, bangku tengah yang lapang, ground clearance yang tinggi, dan kecakapan naik tanjakan,” kata Amelia.

Untuk merayakan 10 tahun eksistensi Xenia di Indonesia itulah, pihaknya menyelenggarakan 10 aktivitas tanggung jawab sosial (CSR) di 10 kota dalam bentang waktu 10 bulan (Maret-Desember) dengan tajuk “10 Tahun Daihatsu Xenia Bertumbuh Berbagi Bersama Bangsa.” Aktivitas CSR hal yang demikian bersandar pada empat pilar merupakan hijau (lingkungan), sehat, mahir, dan sejahtera.

Presiden Direktur ADM Sudirman MR menerangkan, Ayla telah memenuhi 84 persen bagian lokal. Tidak tertinggal, bagian ramah lingkungan juga dimasukan demi menghasilkan kadar gas membuang yang rendah. Semacam juga dengan satu gandar pemrakarsa, konsumsi bahan bakar 20 kilometer per liter, dan silinder 980-1200.

“Hari ini kami AHM memberi tahu berita Daihatsu Ayla sudah diucapkan lolos oleh Kementerian Perindustrian dan menerima akta sebagai kendaraan beroda empat CGC pertama,” katanya di jeda peluncuran Daihatsu Ayla di Hotel Indonesia, Senin.

Kendaraan yang didesain oleh karya si kecil bangsa ini dilengkapi dengan enam varian, merupakan D MT, D+ MT, M MT/AT, AX MT/AT. Dengan dapur pacu memakai mesin macam 1KR-DE DOHC berkapasitas mesin 998 cc. Mesin ini cakap mengucurkan energi maksimum 65/6000 PS/rpm dengan torsi maksimum 8,7/3600 kgm/rpm. Radius putar kecil merupakan 4,4 m.

Memenuhi ciri khas masyarakat Indonesia, Ayla diciptakan dengan ground clearance yang tinggi dan bagasi yang cukup besar. Soal harga, kendaraan beroda empat berkapasitas lima penumpang ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 76 jutaan sampai Rp 106 jutaan.

“Kami mau Ayla bisa memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan industri otomotif Indonesia,” katanya.