Robot Gantikan Manusia!

Sebuah perusahaan manufaktur teknologi Taiwan, Foxconn berencana memensiunkan segala pekerja manusianya dan beralih sepenuhnya ke daya robot. Perusahaan perakit telepon pintar dan gadget terkini ini sudah mempekerjakan 40.000 ribu unit robot yang disebut Foxbot di pabrik utamanya di Cina. Sementara 10.000 robot lain sedang dalam pengerjaan produksi, secara keseluruhan perusahaan ini sudah mendelegasikan 60 ribu profesi sepenuhnya pada robot.

Sebagaimana dikabarkan CNN, General Manager Foxconn, Dai Jia-peng menerangkan meskipun skor investasi mulanya benar-benar tinggi tapi dalam bentang panjang mempekerjakan robot jauh lebih murah ketimbang pekerja manusia. Pada tahun 2020, lebih dari 30% keseluruhan aktivitas produksi di Cina diprediksi telah sepenuhnya dilaksanakan oleh robot. Karenanya dari itu sesungguhnya ilustrasi dalam film-film seperti ‘Terminator‘, ‘Ex-Machina’, atau ‘Wall-E’ dimana robot kesudahannya mengambil alih kendali hidup manusia, dapat benar-benar terjadi. Ini nih robot-robot yang beneran telah mengambil alih profesi manusia di semua dunia.

Baca juga : Mesin Laser

1. Pepper yaitu robot guru yang telah mulai mendidik di UK dan Jepang. Kecuali jadi guru, robot yang satu ini juga dapat diprogram jadi sales handal

Fakta bahwa Pepper dapat mengenal dan mengkaji emosionil manusia saja telah mencengangkan, apalagi fakta bahwa rupanya Pepper telah mulai dipekerjakan dalam sebagian bidang. Nestle telah mempekerjakan Pepper sebagai sales di Jepang. Malahan demikian dengan posisi sebagai guru. Pepper telah mulai aktif ngajar di Jepang, Inggris dan Singapura loh! Robot keluaran Softbank ini memang tidak henti membikin terpukau semenjak pertama dirilis.

2. Ada juga robot yang jadi pekerja di bar. Kenalkan, robot yang handal ‘mengocok’ ini namanya Carl
Semenjak 2013 lalu, Carl telah menjadi pegawai konsisten di the Robots Bar and Lounge, Jerman. Robot yang satu ini memang didesain khusus untuk melakukan profesi sebagai bartender di sana. Para pengunjung yang datang ke sana dapat berinteraksi secara lantas dengan Carl dan mengorder minuman yang diharapkan. Oh iya, berdasarkan pengunjung, minuman hasil racikan Carl ini familiar sedap banget loh.

3. Bukan hanya di daratan, robot juga familiar sebagai bartender handal di laut. Bartender di salah satu kapal pesiar termewah di dunia rupanya robot bernama B1-O dan N1-C
Walaupun cuma berbentuk lengan bionik, tapi jangan ragukan kesanggupan dua robot ini dalam hal meracik minuman. Fakta bahwa mereka berdua yaitu bartender di Bionic Bar yang berada di kapal pesiar elit bernama Quantum of the Seas. Berdasarkan pengunjung, keduanya benar-benar spesialis dalam hal nge-mix cocktail loh. Oh iya, kau yang penasaran mengapa namanya hanya seperti itu, coba deh baca gabungan kedua namanya. B1-O dan N1-C menyusun kata BIONIC. Pinter juga yang bikin nama.

Jual dan Sewa Mesin Laser

4. Jepang yang adalah surga teknologi, pastilah tak keok. Bukan hanya bisa leaflet, robot bernama Otonaroid dan Kodomoroid siap jadi pemandu museum

Japan’s National Museum of Emerging Science and Innovation malahan sudah mempekerjakan dua robot yang ditugaskan khusus sebagai pemandu bagi pengunjung museum hal yang demikian. Robot pertama bernama Otonaroid. Sosok robot wanita yang mempunyai rambut hitam panjang dengan tugas sebagai komunikator di museum. Robot kedua bernama Kodomoroid. Sosok robot yang mirip si kecil-si kecil dengan tugas melaporkan berita-berita terupdate di museum.

5. Masih di Jepang, robot malahan sudah menggantikan posisi resepsionis untuk menyambut tetamu di bermacam hotel dan sentra perbelanjaan
Ada robot bernama ChihiraAico yang telah bertugas sebagai resepsionis di Tokyo Department Store. Meski belum dapat diajak berinteraksi dan cuma memutar rekaman bunyi, tapi absensinya terang menolong pengunjung di sana. Bila berharap yang lebih keren, silahkan tengok Hen-na Hotel di Nagasaki. Ada hotel yang pekerjanya yaitu robot. Di komponen resepsionis, kau akan berjumpa dengan robot berbentuk Velociraptor. Agak ngeri ya sekiranya untuk ukuran resepsionis.

6. Sentra perusahaan teknologi Silicon Valley juga tidak keok canggihnya. Robot bernama Knightscope K5 telah diperkejakan sebagai petugas keamanan full time
Walaupun bertugas sebagai petugas keamanan, tetapi jangan bayangkan robotnya seperti Robocop loh ya. Knightscope’s K5 berbentuk seperti kapsul, tapi fungsinya terang canggih. Dia telah bertugas patroli keliling Silicon Valley semenjak 2014 silam. Dilengkapi dengan GPS, laser dan pendeteksi panas, tugasnya yaitu melihat perilaku mencurigakan dan kemudian memberi peringatan terhadap komponen keaman Silicon Valley. Walaupun demikian kemarin baru ada laporan bahwa Knightscope K5 menubruk seorang si kecil kecil dan mencederainya, tapi tidak stop seakan tidak ada kejadian apa-apa. Yah, namanya juga robot.

 

Artikel lain : Spare Part Mesin Laser