Apa itu Desain Website ?

Apa itu Desain Website ?

Secara lazim desain situs atau situs design merupakan sebuah progres pembuatan suatu laman dengan berjenis-jenis aspek yang berbeda. Aspek-aspek yang termasuk dalam pembuatan laman merupakan tata letak halaman laman, konten, dan juga desain grafis. Walaupun situs design mempunyai istilah sendiri, tetapi hakekatnya situs design dapat dikatakan sebagai komponen dari situs development atau pengembangan laman. Jadi dapat dikatakan bahwa Desain Website merupakan profesi untuk membikin maupun merancang sebuah laman. Meski desainer situs merupakan orang yang menjalankan profesi untuk mendesain laman. Secara lazim ada sebagian skill yang dibutuhkan untuk menjadi desainer situs ialah HTML, CSS, Dreamweaver, Photoshop dan Illustrator, Adobe Flash (Action Scripting), mempunyai skill tipografi yang bagus dan mahir dalam mendesain laman.

Baca : Website design jakarta

Website Desain Dalam Pendekatan Klasik dan Modern
Pada dasarnya ada perbedaan pengertian yang cukup signifikan antara situs design dalam pendekatan klasik dan situs design dalam pendekatan modern. Untuk pendekatan klasik, situs design lebih menandakan tampilan visual sebuah laman. Sebaliknya untuk pendekatan modern, situs design lebih berorientasi pada mewarnai, penekanan, keseimbangan, ritme, gaya unsur grafis (seperti format, garis, tekstur, warna dalam dan arah), pengaplikasian ikon, tampilan lazim dan tekstur latar belakang dari sebuah laman secara keseluruhan. Seluruh unsur yang diceritakan di atas akan dikombinasikan dengan prinsip-prinsip dasar desain untuk dapat mewujudkan hasil atau karya yang luar lazim dalam pembuatan sebuah laman.

Kombinasi HTML dan CSS Dalam Desain Website
Sebuah laman akan diciptakan dengan bahasa pemograman yang disebut dengan HTML. Jadi seorang desainer situs membangun halam situs mengaplikasikan tag HTML di mana pengaplikasian HTML ini akan memutuskan metada dan isi tiap-tiap halaman yang ada di laman hal yang demikian. Lalu untuk persoalan tata letak dan penampilan sebuah laman lazimnya akan didefinisikan mengaplikasikan CSS atau Cascading Style Sheet). Sebab itulah beberapa besar laman akan meliputi kombinasi antara HTML dan CSS, di mana keduanya akan mendefinisikan bagaimana tiap-tiap halaman sebuah laman akan timbul pada browser.

Terkait : Web design jakarta

Walaupun demikian itu, perlu anda kenal juga bahwa sebagian desainer situs ada yang memilih membikin coding CSS dan HTML dari permulaan. Meski sebagian desainer situs yang lain lebih memilih mengaplikasikan “WYSIWYG” editor. Salah satu model editor “WYSIWYG” ini merupakan Adobe Dreamweaver, di mana variasi editor ini akan menyediakan visual antarmuka yang dipakai untuk merancang tata letak halaman situs dan perangkat lunak. Berita pantasnya, secara otomatis perancangan mengaplikasikan editor Adobe Dreaweaver ini dapat menciptakan coding HTML dan CSS yang pantas.

Kecuali sistem di atas hakekatnya ada sistem lain yang lebih populer untuk mendesain laman. Sistem lain ini merupakan dengan mengaplikasikan cara manajemen konten seperti wordpress dan joomla. Kedua layanan ini dapat dibilang benar-benar populer di kalangan pengguna di dunia maya. Dengan mengaplikasikan layanan dari wordpress, blogger maupun joomla karenanya anda akan disediakan berjenis-jenis opsi template laman yang berbeda. Di mana template laman ini dapat anda pakai sebagai spot permulaan pembuatan laman. Kemudian webmaster dalam layanan ini dapat menambahkan konten serta menyesuaikan tata letak mengaplikasikan antarmuka berbasis situs.

Anda juga semestinya tahu bahwa desain grafis senantiasa saja bersinggungan dengan desain laman. Mempunyai ini disebabkan oleh kombinasi HTML dan CSS yang berkhasiat untuk membikin tampilan laman nampak lebih baik, keren dan menarik. Mengingat ketika ini para desainer grafis seringkali membikin gambar yang bertujuan untuk dipakai dalam sebuah laman karenanya sebagian aplikasi desain grafis mulai menyesuaikan. Salah satunya merupakan Adobe Photoshop yang ketika ini mempunyai menu opsi seperti ‘save for situs’ yang menjadi sistem termudah untuk mengekplor gambar dalam format maksimal untuk penerapan di sebuah laman.

Sebagai berita tambahan berikut ini merupakan sebagian ciri laman yang bagus:
Mempunyai penampilan yang menarik
Mempunyai konten yang bagus
User-Friendly
SEO yang bagus