Perpustakaan & Buku Indah Ini Mesti Masuk Destinasi Negara Untuk Travelling

Toko buku kuliah – Perpustakaan kayaknya jarang masuk list tujuan travelling orang-orang dikala wisata. Selain mereka yang memang ‘kutu buku’, siapa juga ya yang berharap menghabiskan masa wisata baca buku atau belajar dalam membisu di perpustakaan?

Nah tetapi sebagian tahun akhir-akhir ini ini, ada popularitas menarik dengan bermunculannya perpustakaan dan kios-kios buku super indah yang desainnya pasti membikin siapa malahan ternganga. Bukan hanya buat yang hobi membaca saja, mereka yang menyenangi hunting titik foto Instagrammable — patut banget datang ke perpustakaan dan kios buku indah di bawah ini.

‘Zhongshuge‘ yakni kios buku China yang familiar dengan desain-desain tokonya yang amat mengagumkan. Seperti kios cabangnya di kota Hangzhou ini. Dengan desain tangga zig zag yang meninggi hingga langit-langit kaca, bangunan ini lebih mirip museum ilusi optik dibandingi kios buku. Rak-rak bukunya malahan tersembunyi dengan indah di antara tangga dan lantai di toko buku import.

Warung buku Zhongshuge lain yang tidak keok mengagumkan yakni kios cabangnya di kota Yangzhou. Rak-rak bukunya yang memanjang bak terowongan, membawa kita seakan-akan via dimensi lain. Sekiranya dari sudut lain, seperti ini nih penampakan kios buku ajaib ini!

Kecuali Zhongshuge, kios buku Zh0ngshu juga familiar mempunyai desain cantik. Secara kios Zhongshu di kota Xi’an ini. Desainnya yang serba putih dan melengkung, bakal membuatmu merasa masuk ke galeri seni high end. Ada juga reading nook atau sudut-sudut terpencil khusus untuk membaca tersebar di kios buku ini. Keren banget!

Desain super indah dan perapihan rak buku yang amat tak mainstream — tampaknya inilah standar baru yang sepatutnya ada dalam kios buku-kios buku yang ada di China. Malahan ritel kios buku asing dari Singapura, Page One, juga mendesain kios cabangnya di Beijing dengan ekstra spesial. Rak-rak buku gelap yang diberesi hingga langit-langit, dikontraskan dengan lighting yang cantik.

Bukan hanya kios buku, perpustakaan di China malahan sekarang desainnya semacam itu cantik. Salah satu yang sempat viral tahun lalu yakni perpustakaan Binhai di kota Tianjin ini. Dengan bola putih raksasa ditempatkan di tengah ruangan, rak-rak putih dijadikan khusus untuk melengkung mencontoh wujud bola hal yang demikian. Perpustakaan dan sentra kebudayaan yang dibangun pada tahun 2017 ini, cakap menampung 1,2 juta buku!

Perpustakaan yang sama spektakulernya yakni perpustakaan yang baru saja dibuka di kota Xi’an, YJY Maike Centre. Dengan desain klasik nan mewah, perpustakaan ini dilengkapi dengan rak kayu (yang lagi-lagi) hingga langit-langit, chandelier berwujud lembaran kertas yang amat indah, dan tangga utama layaknya tangga familiar di kapal Titanic.

Rupanya tidak cuma di China, popularitas kios buku dan perpustakaan indah ini juga dapat ditemukan di negara tetangganya, Korea Selatan. Salah satu yang sedang nge-popularitas yakni kios buku yang berlokasi di dalam COEX Mall, Gangnam, Seoul ini. Warung buku bernama Starfield ini mempunyai rak-rak buku raksasa yang juga hingga langit-langit. Atap kacanya memberikan lighting natural yang dicari-cari para pemburu konten foto Instagram.

Kecuali dapat jadi destinasi liburan dan menarik perhatian lebih banyak pengunjung, popularitas ini tampaknya memang sengaja digalakkan di daerah-daerah hal yang demikian untuk menyelamatkan masa depan kios buku jasmani yang kian lama makin sepi sebab ditumbangkan kios buku management online. Sekiranya kios bukunya secantik ini sih, pasti bakal konsisten ramai.