Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Pernikahan

Apa bedanya antara cincin nikah dengan cincin tunangan? Tentu saja ada banyak perbedaannya. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini adalah ulasannya.

Perbedaan modelnya

Ada satu hal yang jelas membedakan antara cincin tuangan dengan cincin pernikahan. Perbedaan antara dua cincin ini salah satunya bisa dilihat dari moment penggunaan cincin tersebut. Cincin pertunangan bisa digunakan sebagai cincin yang diberikan pada saat pesta pertunangan atau bisa juga diberikan secara surprise pada pasangan sebagai tanda pelamaran. Namun selain itu ada hal lain yang membedakannya, salah satu hal yang membedakan cincin nikah dengan cincin untuk pertunangan adalah mengenai modelnya.

Cincin pertunangan biasanya memiliki model yang lebih fancy dibandingkan dengan cincin pernikahan. Hal ini disebabkan karena cincin pertunangan lebih sering diberikan dalam acara melamar yang dilakukan secara surprise. Hal inilah yang menyebabkan cincin pertunangan memiliki model yang lebih indah dan menarik.

Sedangkan cincin pernikahan adalah cincin yang lebih banyak cenderung memiliki model yang simple dan timeless. Mengapa? Hal ini disebabkan karena cincin pernikahan adalah cincin yang direncanakan akan digunakan seumur hidup hingga anda menua. Hal inilah yang membuat modal cincin nikah bisanya dibuat lebih simple dan classy dibandingkan dengan cincin tunangan.

Perbedaan posisi penggunaannya

Lalu bagaimana posisi penggunaannya? Sesungguhnya dahulu penggunaan dari cincin nikah dengan cincin yang digunakan untuk menandakan pertunangan dilakukan di jari manis sebelah kanan. Biasanya cincin pernikahan akan digunakan di bagian dalam dan cincin pertunangan akan digunakan di bagian luar. Cincin pernikahan digunakan di bagian dalam karena disebut lebih dekat dengan jantung. Akan tetapi saat ini penggunaan dari kedua cincin ini lebih banyak dipisahkan. Cincin pernikahan di sebelah kanan dan cincin tunangan disebelah kiri. Hal ini disebabkan karena saat ini banyak pengantin wanita yang juga menginginkan cincin pernikahannya memiliki model yang unik dan detail. Jadi jika digunakan secara bersamaan akan membuat jari manis sebelah kanan terlihat berlebihan. Jadi saat ini trendnya adalah penggunaan cincin pernikahan di sebelah kanan dan cincin tunangan di sebelah kiri.