Ingin Pergi ke Hongkong Harus Pesan Hotel Jauh-Jauh Hari

Sebagai salah satu negara tujuan tamasya, Hong Kong mempunyai banyak daerah penginapan dengan bermacam-macam tipe dan kelas, mulai dari hotel mewah, hotel bintang, hostel backpackers/guest house hingga apartemen. Lokasi penginapan tersebar hampir di segala penjuru Hong Kong, tapi beberapa besar berlokasi di zona Kowloon dan Hong Kong Island. Penginapan di Hong Kong tenar dengan ukurannya yang kecil dan sempit.

Keterbatasan lahan yang tersedia, menyebabkan harga properti menjadi amat mahal, sehingga tak heran kamar di hotel berbintang 4 sekali bahkan, kadang cuma tersedia dua daerah tidur ukuran single atau satu double. Hal ini tentunya menyulitkan bagi yang akan menginap dengan lebih dari 2 orang dewasa, sebab penginapan kerap tak mendapatkan penambahan daerah tidur ekstra. Solusi yang hasilnya diambil merupakan menambah kamar, atau berempet-empetan di kamar yang relatif kecil hal yang demikian.

Secara awam, pengorderan kamar bisa dikerjakan melewati dunia maya, untuk harga terbaik kita sepatutnya memperbandingkan antara satu laman dengan laman lainnya, atau untuk lebih praktisnya kita dapat saja memakai laman pencari harga kamar terendah.

Kecuali hotel, di Hong Kong banyak dijumpai penginapan tipe hotel bujet atau hostel yang menawarkan harga lebih murah dibanding hotel, melainkan dengan fasilitas yang hampir sama. Berbeda dengan hostel-hostel di Singapura atau di negara lain, hostel di Hong Kong beberapa besar mempunyai kamar mandi sendiri.

Pun sebagian hostel menjadi opsi terbaik untuk penginapan dengan jumlah daerah tidur lebih dari 2 unit. Penginapan tipe lain merupakan apartemen, yang sebenarnya dapat diklasifikasikan hostel, selain Serviced Apartment atau apartemen yang dikelola ala hotel.

Di Hong Kong aturan perihal sewa apartemen amat ketat, sehingga jumlah apartemen yang disewakan secara harian juga terbatas, tapi jangan kuatir sebab apartemen-apartemen ini hampir semuanya telah teregistrasi dan mendapatkan akta daerah penginapan.

Untuk penginapan sekelas hostel atau apartemen masih dapat didapatkan harga 500 dollar Hong Kong untuk sebuah kamar berkapasitas 4 orang dengan 4 daerah tidur, dengan fasilitas AC, kamar mandi dengan air panas, dunia maya cuma-cuma, kelengkapan mandi, kulkas kecil dan layar kaca. Sementara di hotel, amat sedikit yang menyediakan kamar dengan empat daerah tidur pun lebih.

Ada 4 klasifikasi daerah penginapan yang mendapatkan lisensi dari pemerintah Hong Kong, ialah Hotel, Hotel Bujet/Hostel/Apartemen, Flat/Serviced Apartment dan Perkemahan. Hotel tersebar di segala pelosok Hong Kong, melainkan jumlah hostel lebih banyak terdapat di zona Kowloon. Walaupun apartemen yang disewakan harian berlokasi di zona Causeway Bay.

Tinggal di hostel ialah opsi bijak untuk menghemat pengeluaran selama tinggal di Hong Kong. Apalagi pemerintah Hong Kong sudah mempertimbangkan standar kwalitas hostel dan melaksanakan pendataan secara rutin, sehingga penginapan yang menerima akta dipastikan telah memenuhi standar penginapan yang bagus, sehingga tak perlu cemas untuk menginap di hotel bujet yang sudah teregistrasi. Kecuali hostel terdapat juga apartemen yang disewakan oleh penduduk secara harian. Apartemen-apartemen hal yang demikian teregistrasi secara legal dan layanan yang diberi hampir sama dengan hotel bujet.

Opsi atas hostel didasarkan pada keragaman dan keleluasaan daerah tidur yang tersedia, dimana hal ini agak sulit dicari di hotel umum. Umpamanya di hostel banyak yang menyediakan banyak daerah tidur untuk kapasitas 4 hingga 6 orang dalam satu kamar, dengan fasilitas yang cukup komplit, termasuk fasilitas kamar mandi sendiri. Malah ada kamar dengan kapasitas sampai 12 orang dengan fasilitas seperti fasilitas hotel.

Tetapi tentunya opsi-opsi ini kembali lagi pada tiap-tiap orang, apakah mengharapkan kamar yang nyaman dengan harga yang cukup mahal maupun cukup dengan kamar yang umum namun bisa menghemat tarif cukup besar?