Apa itu kompresor udara?

Kompresor memasok aliran udara untuk seluruh kelengkapan dalam suatu metode. Kompresor udara berprofesi dalam dua fase: operasi kompresi dan operasi pelepasan. Ada dua tipe kompresor, perpindahan positif dan dinamis (juga disebut sentrifugal).
Tingkat di mana kompresor bisa memberikan volume udara dicatat dalam kaki kubik per menit (cfm). Sebab tekanan atmosfer berperan dalam seberapa kencang udara bergerak ke dalam silinder, cfm akan bervariasi dengan tekanan atmosfer. Ini juga bervariasi dengan temperatur dan kelembaban udara. Untuk memegang lapangan bermain yang merata, pembuat menghitung kaki kubik standar per menit (scfm) sebagai cfm di permukaan laut dengan udara 68° F pada kelembaban relatif 36%. Peringkat scfm dikasih pada tekanan tertentu—3,0 scfm pada 90 psi, semisal. Apabila tekanan berkurang, scfm naik, dan sebaliknya.

Cek Juga: Servis Kompresor

Kompresor Udara Perpindahan Positif

Kompresor perpindahan positif mengambil udara dan secara mekanis mengurangi ruang yang ditempati oleh udara untuk meningkatkan tekanan. Kompresor dinamis mengaplikasikan aksi mekanis dari impeler yang berputar untuk mentransfer tekanan ke udara.

Kompresor perpindahan positif berikutnya bisa dibagi menjadi variasi putar dan bolak-balik. Dalam kompresor sekrup putar, udara yang disaring menjelang saluran masuk ujung udara di mana rotor jantan dan betina terlepas. Udara terperangkap di antara rotor dan rumah ujung udara. Ruang ini berkurang ketika rotor dipasang kembali di sisi berlawanan dari ujung udara. Dengan demikian, udara dikompresi dan dipindahkan ke port pembuangan. Cairan pendingin yang disuntikkan ke dalam housing bercampur dengan udara untuk menyegel, melumasi, dan menghilangkan panas yang diciptakan oleh kompresi. Cairan ini menyusun lapisan tipis di antara rotor yang secara virtual menghilangkan kontak dan keausan logam-ke-logam. Cairan dipisahkan dari udara terkompresi, didinginkan, disaring, dan dikembalikan ke spot injeksi. Udara terkompresi lewat aftercooler untuk menurunkan suhunya dan siap untuk kelengkapan pengolahan udara.

Sebab pendinginan terjadi pas di dalam kompresor, komponen kerja tak pernah mengalami temperatur operasi yang ekstrem. Kompresor putar, oleh sebab itu, yakni paket kompresor tugas kontinu, berpendingin udara atau berpendingin air.

Kompresor udara sekrup putar gampang dirawat dan dioperasikan. Kontrol kapasitas untuk kompresor ini dikerjakan dengan kecepatan variabel dan perpindahan kompresor variabel. Untuk teknik kontrol yang terakhir, katup geser diposisikan di dalam casing. Dikala kapasitas kompresor berkurang, katup geser terbuka, lewat beberapa udara terkompresi kembali ke hisap. Profit dari kompresor ulir putar termasuk keluaran udara yang halus dan bebas pulsa dalam ukuran yang ringkas dengan volume keluaran yang tinggi selama masa gunakan yang lama.

Kompresor udara ulir putar bebas oli mengaplikasikan ujung udara yang dirancang khusus untuk mengompresi udara tanpa oli di ruang kompresi yang menjadikan udara bebas oli sejati. Kompresor udara ulir putar bebas oli tersedia sebagai berpendingin udara dan berpendingin air dan memberikan fleksibilitas yang sama seperti rotari yang dibanjiri oli ketika udara bebas oli dibutuhkan.

Kompresor udara reciprocating mengaplikasikan piston di dalam silinder sebagai unsur kompresi dan pemindahan. Kompresor reciprocating satu tahap dan dua tahap tersedia secara komersial. Kompresor satu tahap lazimnya dipakai untuk tekanan di kisaran 70-100 psig dan kompresor dua tahap lazimnya dipakai untuk tekanan yang lebih tinggi di kisaran 100-250 psig.

Kompresor udara reciprocating yakni kerja tunggal dikala kompresi dikerjakan cuma dengan mengaplikasikan satu sisi piston. Kompresor yang mengaplikasikan kedua sisi piston dianggap kerja ganda.

Kompresor udara bolak-balik tersedia bagus sebagai berpendingin udara atau berpendingin air dalam konfigurasi berpelumas dan tak berpelumas dan menyediakan berjenis-jenis opsi tekanan dan kapasitas.

Kompresor Udara Dinamis

Kompresor udara sentrifugal yakni kompresor dinamis, yang bertumpu pada transfer kekuatan dari impeller yang berputar ke udara. Kompresor sentrifugal menjadikan pelepasan tekanan tinggi dengan merubah momentum sudut yang dikasih oleh impeler yang berputar (perpindahan dinamis). Untuk mengerjakan ini secara efisien, kompresor sentrifugal berputar pada kecepatan yang lebih tinggi ketimbang tipe kompresor lainnya. Kompresor tipe ini juga dirancang untuk kapasitas yang lebih tinggi sebab aliran via kompresor terus menerus.

Menyesuaikan baling-baling pemandu saluran masuk yakni sistem yang paling lazim untuk memegang kapasitas kompresor sentrifugal. Dengan menutup baling-baling pemandu, aliran volumetrik dan kapasitas berkurang. Kompresor udara sentrifugal yakni kompresor bebas minyak dengan desain. Roda gigi berjalan berpelumas oli dipisahkan dari udara oleh segel poros dan ventilasi atmosfer.

Mereka terutamanya dipakai untuk layanan stasioner berkelanjutan di industri seperti kilang minyak, pabrik kimia dan petrokimia dan pabrik pemrosesan gas alam.

Kunjungi Juga: Distributor Kompresor