Jenis-Jenis Stationary Tape

Stationary tape merupakan jenis lakban yang biasa ditemukan di kantor-kantor untuk keperluan umum. Ini juga dikenal sebagai selo atau selotip. Stationary tape jenis ini digunakan untuk memperbaiki kertas yang sobek, menyusun proyek kertas dan poster, menyegel amplop, serta seni dan kerajinan, dan masih banyak lagi kegunaan lainnya.

Jenis-jenis Stationary Tape

Stationary tape terbagi dalam beberapa jenis berdasarkan cara mereka dijual di pasaran, ukuran lebar, dan lainnya. Untuk lebih lengkapnya, cek penjelasan di bawah ini!

Baca Juga: Cloth Tape

1. Berdasarkan cara jual
Stationary tape dijual dalam berbagai cara berbeda. Pertama, dipasarkan dalam dispenser sekali pakai yang tidak dapat diisi ulang. Kedua, itu juga dapat dijual dalam bentuk gulungan untuk dimasukkan ke dalam dispenser permanen yang dibuat untuk isi ulang, tetapi ini biasanya dibeli secara terpisah dari tape. Dispenser semacam itu dilengkapi dengan inti tempat gulungan tape dipasang. Salah satu dari dispenser ini memiliki pisau khusus untuk memotong tape.

2. Berdasarkan ukuran lebar
Stationary tape datang dalam berbagai ukuran lebar. Lebar yang paling umum termasuk 1/2 inci (12.7 mm), 3/4 inci (~19 mm), dan 1 inci (~25 mm). Tape dipasang pada inti yang biasanya berdiameter 1 atau 3 inci (~2.5 cm atau ~7.6 cm). Jika selotip dibeli untuk dispenser permanen, penting untuk memastikan bahwa ukuran inti dan lebarnya cocok agar dispenser berfungsi dengan baik. Stationary tape juga dapat dijual sebagai strip pra-potong. Ini tersedia satu per satu dari dispenser yang dirancang khusus, yang dapat diisi ulang. Tape strip berukuran 3/4 inci kali 2 inci (~19 mm kali ~51 mm). Produk ini mungkin lebih aman untuk anak-anak karena pisau pemotong pada tape dispenser standar mungkin terbukti berbahaya, dan juga dapat mencegah tape terbuang.

Cek Juga: Selotip Aluminium

3. Berdasarkan finishing-nya
Ada tiga finishing yang sering ditemukan pada stationary tape: transparan, tembus cahaya, dan matte. Finishing transparan itu jelas dan mengkilap, serta membentuk tempelan yang permanen. Stationary tape murah cenderung tembus cahaya dan mengkilap, bukannya bening, dan mungkin menguning seiring bertambahnya usia. Pita dengan hasil akhir matte hampir tidak terlihat saat diaplikasikan pada kertas dan tidak muncul pada fotokopi. Ini membentuk tempelan yang permanen dan dapat ditulis menggunakan pena, pensil, atau spidol. Jenis stationary tape terpisah yang hadir dengan ukuran dan lebar inti yang sama, tetapi memiliki aplikasi khusus, adalah tape matte-finish yang dapat dilepas, yang tidak memberikan tempelan permanen dan oleh karena itu, ideal untuk pekerjaan yang sedang berlangsung baik bisnis maupun artistik ketika penempatan belum final.

Sumber: Stationay Tape