Berbagai Jenis Pipa Drainase

Pipa drainase diperlukan di area mana pun untuk membuang air limbah dari rumah dan area industri kita. Ada berbagai jenis pipa drainase untuk setiap tujuan.

Pipa yang memfasilitasi perpindahan air dari satu tempat ke tempat lain dikenal sebagai pipa drainase. Mereka sangat penting, karena mereka menyelesaikan tugas terpenting membuang air limbah dari rumah atau industri kita. Mereka juga penting untuk mencegah banjir yang disebabkan karena kondisi seperti rawa dan erosi tanah. Sekarang, ada berbagai jenis pipa drainase yang digunakan untuk berbagai jenis masalah drainase. Saat ini pipa drainase yang paling umum digunakan adalah pipa drainase PVC dan polietilen. Namun, selain itu ada berbagai pipa lain yang digunakan untuk memanipulasi aliran air limbah.

Baca Juga: Pipa Seamless

Pipa Drainase Polyethylene Bergelombang

Pipa drainase bergelombang adalah solusi yang kuat, tahan lama, dan hemat biaya untuk sistem drainase yang baik. Selain itu, polietilen adalah plastik inert secara kimia, yang sangat korosif dan tahan abrasi. Jenis pipa drainase ini telah membuktikan diri dengan baik terhadap beberapa kondisi lingkungan terberat dan cuaca ekstrem. Faktanya sekitar 90% dari pipa drainase terbuat dari polietilen bergelombang.

Pipa Drainase PVC

Pipa polivinil klorida banyak digunakan dalam sistem drainase, karena murah, tahan lama, dan mudah dirakit. Pipa PVC menyumbang sekitar 75%, di saluran air limbah. Pipa-pipa ini kuat untuk mentolerir tekanan apa pun dan hanya membutuhkan lem untuk menyatukan dua bagian, yang menghemat waktu untuk menyolder atau mengelas. Satu-satunya kelemahan tentang pipa PVC ini adalah bahwa mereka kaku dan tidak dapat ditekuk menjadi bentuk yang diinginkan.

Cek Juga: Jual Pipa Stainless

Pipa Drainase Beton

Pipa beton tidak perlu diperkenalkan karena paling sering digunakan dalam bahan bangunan. Ketersediaan lokal, biaya efektif, kekuatan dan daya tahan menjadikannya pipa drainase yang paling umum digunakan. Alasan lain mengapa pipa ini digunakan dalam skala luas adalah, sifatnya yang ramah lingkungan dan sifatnya yang tidak mudah terbakar tidak seperti pipa plastik lainnya.

Pipa Drainase Tanah Liat

Lagi-lagi yang lebih ramah lingkungan dan kuat seperti plastik, adalah pipa drainase tanah liat. Meskipun pipa-pipa ini kuat dan ramah lingkungan, mereka perlu diganti dalam jangka waktu tertentu, karena kemungkinan akan retak akibat kondisi cuaca ekstrem dan tekanan air limbah. Namun, saat ini pekerjaan pipa tanah liat dilapisi dengan lapisan beton agar lebih kaku dan tahan lama dari sebelumnya.

Pipa Drainase Besi Cor

Pipa besi cor biasanya digunakan dalam aplikasi limbah rumah dan dipasang di bawah tanah untuk memungkinkan air limbah mengalir melaluinya dan mencapai pusat pemurnian untuk tujuan daur ulang. Pipa-pipa ini dikenal karena daya tahan dan ketangguhannya. Faktanya, alasan pemerintah kota menggunakan pipa ini adalah karena Anda hanya perlu memasang dan melupakannya. Itu tidak memerlukan perawatan atau perbaikan dan dapat bertahan selama lebih dari seratus tahun.

Simak Juga: Jual Pipa Hitam

Pipa Drainase Tembaga

Pipa tembaga, dahulu kala banyak digunakan untuk saluran air dan drainase perumahan. Namun, pipa-pipa ini digantikan oleh PVC atau plastik, alasannya karena tembaga sekarang cukup mahal dan cenderung berkarat dalam jangka waktu tertentu. Selain itu, pipa-pipa ini tidak dapat menopang iklim dingin dan cenderung meledak jika air di dalamnya membeku. Oleh karena itu, mereka sangat jarang digunakan sebagai bagian dari sistem drainase akhir-akhir ini.

Pipa Drainase Galvanis

Pipa galvanis banyak digunakan untuk saluran air pada awal 1900-an. Mereka populer karena hemat biaya dan mudah didapat. Segera berbagai masalah seperti kebocoran, perawatan tinggi dan perubahan warna ditemukan dan pipa ini diganti dengan pipa plastik atau PVC. Sangat jarang Anda akan melihat pipa-pipa ini digunakan untuk pekerjaan drainase saat ini.

Setiap jenis pipa drainase memiliki karakteristiknya masing-masing. Jadi, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan profesional sebelum membeli pipa drainase untuk perbaikan rumah.

Kunjungi Juga: Jual Flange